[UPDATE] Perkembangan Blog Saliwah #2 - Saliwah

[UPDATE] Perkembangan Blog Saliwah #2

Gambar Logo Blog Saliwah

Ga terasa udah hampir satu tahun saya ninggalin blog ini.

Seingat saya, blog ini saya tinggal karena ada yang nyepam blog ini pake bot views sampe jutaan jumlahnya dalam sehari.

Saya jadi merasa malas untuk lanjut ngurus blog ini.

Alhasil, Saliwah jadi terbengkalai selama 8 bulan lebih.

Hingga akhirnya saya yang saat itu sedang bosan dengan rutinitas bermain game, tiba-tiba ingat blog-blog yang saya punya.

Mumpung bosan, saya coba rombak sedikit tampilan blog ini agar terlihat lebih fresh, dan saya juga menambahkan beberapa fitur baru di blog ini.

Ini changelog perubahan blog Saliwah kali ini :

  • ✅ Merubah desain Cookies Notification Bar agar sesuai dengan tema blog ini.
  • ✅ Merubah ukuran border-radius beberapa div dari 8px menjadi 5px.
  • ✅ Mengganti Font-family blog ini yang awalnya Google Sans menjadi Inter.
  • ✅ Mempercantik desain tag pre di blog ini.
  • ✅ Merubah desain blog-pager di halaman home menjadi lebih mudah dikenali oleh pengunjung.
  • ✅ Mengganti Font Awesome dengan SVG dari Bootstrap Icon.
  • ✅ Mengganti efek hover pada button primary.
  • ✅ Menambahkan fiture lazyload images di halaman home dan related posts.
  • ✅ Memaksimalkan penggunaan display: flex pada div di blog.

Hasil dari semua perubahan diatas, blog ini jadi punya skor yang besar banget di website seperti GTMetrix, Google PageSpeed Insight, dan Web Dev.

Ini screenshot skor blog Saliwah.

Skor Blog Saliwah di GTMetrix Skor Blog Saliwah di Google PageSpeed Insight 1 Skor Blog Saliwah di Google PageSpeed Insight 2 Skor Blog Saliwah di Web Dev

Jika dibandingkan dengan skor yang sebelumnya, skor blog mengalami peningkatan angka yang signifikan, terutama di bagian Loaded time.


Oh iya, Saliwah sekarang sudah punya halaman twitter juga. Link nya ada dibawah ini :

Saliwah on Twitter

Jangan lupa difollow ya!

Lost De Pompadour

Fanspage Saliwah : fb.com/SLWH.DZGN